Selasa, 12 Juni 2018

1. Kelebihan dan Kekurangan Mio Sporty

Kelebihan dan Kekurangan Mio Sporty. Secara spesifikasi teknis, Mio Sporty masih termasuk dalam generasi pertama. Hanya beberapa perbedaan pada design lampu sein dan lampu senja yang berbentuk smiley (tersenyum) atau bentuk huruf "U". Selain itu striping juga di buat lebih agresif agar sesuai dengan namanya.


KELEBIHAN YAMAHA MIO SPORTY

* Isi silinder lebih besar
Volume silinder Mio adalah 113,7 cc, lebihbesar dari kompetitor yang hanya 108 cc.

* Design ramping dan sporty
Mio generasi pertaman yang di buat sebagai proyek lanjutan dari Yamaha Nouvo, mengusung desain yang sama sekali berbeda. Mio di buat ramping sesuai dengan target awalnya sebagai motor kaum hawa. Dan hasilnya memang tidak mengecewakan, Mio berhasil membantu Vega menjadi tulang punggung penjualan Yamaha pada saat itu.

* Sudah di lengkapi rak barang di depan
Kalau pada Mio generasi pertama banget, dia belum di lengkapi rak barang di dashboard. Tapi pada tipe sporty ini Mio sudah memiliki rak barang untuk menyimpan sesuatu yang kecil semisal botol minuman.


KEKURANGAN MIO SPORTY

* Konsumsi bahan bakar boros
Pada generasi pertama ini, kelemahan yang paling terasa adalah borosnya konsumsi bahan bakar. Sistem transmisi otomatis yang menuntut rpm tinggi serta sistem karburasi (pengabutan karburator) di sinyalir menjadi biang kerok borosnya konsumsi BBM Mio. Tapi memang saat itu belum populer teknologi injeksi pada motor komersil.

* Standar samping belum di lengkapi sekring pengaman
Padahal saat itu kompetitor (Honda) sudah menerapkan sekring pangaman pada standar sampingnya. Tapi Yamaha belum berminat membuatnya saat itu. Fitur ini paling terasa pada saat Anda lupa menikkan standar samping. Anda di jamin tidak akan lupa jika ada fitur ini, karena mesin tidak akan menyala pada saat standar samping pada posisi turun.

* Kunci kontak model lama, tidak aman
Walaupun penutup kunci kontak tidak menjamin keamanan penuh dari tindak kejahatan, tapi paling tidak dapat meminimalisir potensinya.



SPESIFIKASI MIO SPORTY (VERSI KARBURATOR)
Tipe mesin
4 stroke SOHC 2 valve berpendingin udara (kipas)
Jumlah dan kapasitas silinder
Silinder tunggal 113,7 cc
Diameter x langkah
50 x 57,9 mm
Rasio kompresi
8,8:1
Power maksimum
7,14 kW / 8000 rpm
Torsi maksimum
7,84 nM (0,88 kgf.m) / 7000 rpm
Karburator
KEIHIN NCV24x1
Pengapian
DC-CDI
Battery (accu / aki)
GM5Z-3B / 4B5L-B
Busi
NGK-C7HSA / DENSO U22FS-U
Kopling
V-belt otomatis sentrifugal tipe kering
Starter
Elektrik dan kick starter
Dimensi (panjang x lebar x tinggi)
182 x 67,5 x 105 cm
Jarak sumbu roda
124 cm
Jarak terendah ke tanah
12,5 cm
Tinggi tempat duduk
74,5 cm
Kapasitas oli mesin
800 ml
Kapasitas tangki bahan bakar
3,7 liter
Berat kendaraan
92 kg (SW) / 94 kg (CW)
Suspensi
Teleskopik (depan) / swingarm dengan peredam kejut tunggal (belakang)
Ukuran ban
70/90-14 (depan), 80/90-14 (belakang)
Rem
Cakram hirolik (depan), Drum / tromol (belakang) (Mtb)

Demikian info sedikit dari saya.
Terimakasih semoga bermanfaat😂


Tidak ada komentar:

Posting Komentar